Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KOKAM Gelar Koordinasi Nasional Tekankan Pengabdian pada NKRI dan Muhammadiyah

MAKASSAR. transfaktual.com  – Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) menyelenggarakan Koordinasi Nasional (Rakornas) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada 24-26 Juni 2024. Acara ini dihadiri oleh berbagai pemimpin dan anggota KOKAM dari seluruh Indonesia.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Irwan Akib, dalam pembukaan acara menyampaikan bahwa KOKAM merupakan manifestasi dari kecintaan kader-kader muda Muhammadiyah terhadap bangsa dan organisasi. "KOKAM harus bertumbuh menjaga NKRI dan Muhammadiyah. Pengabdiannya kepada Islam, kemanusiaan, dan ke-Indonesiaan harus selalu sejalan," ujar Irwan pada Senin (24/6).

Sementara itu, Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah sekaligus Panglima Tertinggi KOKAM, Dzulfikar Ahmad Tawalla, mengungkapkan pentingnya falsafah Bugis Makassar "angaru". Menurutnya, angaru menggambarkan keberanian, kesetiaan, dan keteguhan jiwa pasukan KOKAM kepada bangsa dan Persyarikatan Muhammadiyah. "Pasukan KOKAM harus memiliki keberanian dalam menegakkan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar," jelas Dzulfikar.

Dzulfikar juga menegaskan bahwa pasukan KOKAM harus selalu tampil gagah berani dan setia kepada Muhammadiyah serta bangsa. "Pasukan KOKAM harus memiliki keteguhan jiwa dalam melaksanakan tugasnya bahwa apa yang dilakukannya adalah bagian dari ibadahnya kepada Allah SWT," tambahnya.

Rakornas kali ini juga diwarnai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah terkait pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KOKAM di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah se-Indonesia. 

Acara ini diharapkan dapat semakin memperkuat peran KOKAM dalam menjaga dan melindungi NKRI serta Muhammadiyah, dengan semangat pengabdian yang tulus dan ikhlas.

Posting Komentar untuk "KOKAM Gelar Koordinasi Nasional Tekankan Pengabdian pada NKRI dan Muhammadiyah"