Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bawaslu RI Mulai Persiapan Pengawasan Pilkada 2024

Jakarta. transfaktual.com -Bawaslu RI telah memulai persiapan untuk pengawasan Pilkada yang akan berlangsung pada bulan November mendatang. Satu diantara langkahnya adalah melakukan evaluasi terhadap anggota panitia pengawas (panwas) kecamatan pada Pemilu 2024.

Menurut Bagja, proses seleksi dan evaluasi telah dimulai, dengan fokus pada produktivitas panwas pada pemilu sebelumnya. Jika ada kekurangan dalam kinerja mereka, ada kemungkinan untuk penggantian atau seleksi ulang.

"Pilihannya evaluasi diselingi juga seleksi. Jika kemudian pada saat pelaksanaan pemilu pilpres dan pileg 14 februari lalu, teman-teman panwas ad hoc tidak  melakukan dengan benar tugasnya, tentu kita bisa lakukan evaluasi dan juga seleksi kembali," jelasnya.

Berdasarkan Pasal 90 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, para panwas seharusnya masih bertugas hingga dua bulan setelah pemilu selesai, yang artinya hingga Desember 2024. Ini mengingat pelantikan pejabat terpilih hasil Pemilu 2024 baru akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang.

Bawaslu juga akan mempersiapkan pengawasan pada seluruh tahapan Pilkada, termasuk saat pendaftaran atau pencalonan perseorangan yang dijadwalkan pada bulan Mei mendatang. Semua tahapan ini akan dipantau dengan cermat oleh Bawaslu untuk memastikan kelancaran dan keberlangsungan proses demokrasi yang transparan dan adil."ujarnya.

Posting Komentar untuk "Bawaslu RI Mulai Persiapan Pengawasan Pilkada 2024"