Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pencanangan Panca Aksi Penggerak Swadaya Masyarakat Menuju Desa Mandiri

Jakarta. transfaktual.com -Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar telah memimpin acara penting hari ini, dengan meluncurkan secara resmi Panca Aksi Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM). Bertempat di Oproom Kemendes PDTT, Jakarta, acara ini menjadi tonggak penting dalam upaya menuju kemandirian desa.
Dalam pidatonya, yang akrab disapa Gus Halim, Menteri Mendes PDTT, menggarisbawahi pentingnya keterkaitan budaya desa dengan upaya pembangunan. Lima aksi utama dalam PSM ini diarahkan untuk memperkuat fondasi kemandirian desa, dengan pendekatan mikro yang lebih terarah.

"Kami memiliki tekad yang kokoh bahwa semua pembangunan haruslah selaras dengan prinsip-prinsip pembangunan skala desa, dengan fokus pada pendekatan mikro yang lebih mendalam," ungkap Gus Halim dalam Peringatan Hari Keswadayaan Masyarakat yang bertema "Keswadayaan Masyarakat untuk Kemandirian Desa."

Panca Aksi PSM yang pertama adalah masuk dan aktif pada forum komunikasi PSM nusantara, kedua meningkatkan literasi warga terhadap capaian-capaian pembangunan dan SDGs Desa

Selanjutnya ketiga, bergotong royong membuka peluang usaha dan peluang kerja baru, keempat fokus menggerakan solidaritas warga untuk mengurangi kemiskinan. Sedangkan kelima adalah bersama-sama menjaga kerukunan warga.

Gus Halim menjelaskan bahwa lima poin yang telah dicanangkan itu harus dijalankan dan tidak boleh sedikit pun diabaikan. Sebab peran PSM merupakan sebagai penghubung antar-kelas baik dari level bawah maupun level atas yang bertujuan untuk peningkatan kualitas SDM.

"Pada intinya bahwa semangat dalam keswadayaan masyarakat adalah membangun pola hubungan antara kelas-kelas yang didikotomikan oleh teori-teori sosiologi yang tidak perlu ada, yang kemudian dijembatani kelas tertentu yang memiliki kepedulian. Teori itu tidak perlu dibawa tapi semangat inti dari PSM adalah peningkatan SDM kita terutama menuju kemandirian desa," tegas Gus Halim.

Panca Aksi Penggerak Swadaya Masyarakat ini merupakan inisiatif berani yang dirancang untuk memberdayakan masyarakat desa dalam mengambil peran aktif dalam pembangunan dan kemajuan mereka sendiri. Dalam aksi-aksi ini, akan dilakukan upaya konkret yang mencakup peningkatan kualitas infrastruktur desa, pemberdayaan ekonomi lokal, pendidikan komunitas, pelestarian budaya, dan juga penguatan kapasitas masyarakat.

Sumber: www.kemendesa.go.id/berita 

Posting Komentar untuk "Pencanangan Panca Aksi Penggerak Swadaya Masyarakat Menuju Desa Mandiri"