Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terobosan Inovatif Kepala SMPN 1 Tanjung Lubuk Terapkan Absensi AppSheet untuk Tenaga Pendidiknya

TransFaktual.com - SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk kembali mengambil langkah inovatif dengan menerapkan teknologi modern dalam administrasi sekolah. Kali ini, sekolah tersebut memperkenalkan sistem absensi berbasis aplikasi bernama AppSheet untuk tenaga pendidiknya.


Langkah ini diambil dengan tujuan meningkatkan efisiensi, akurasi, dan keteraturan dalam pencatatan kehadiran tenaga pendidik di sekolah.

Melalui aplikasi AppSheet, tenaga pendidik SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk dapat melakukan pencatatan kehadiran secara elektronik menggunakan perangkat smartphone mereka. Setiap tenaga pendidik akan memiliki akun pribadi dengan data dan informasi yang terkait dengan kehadiran mereka di sekolah. Dengan demikian, mereka dapat dengan mudah mencatat waktu kedatangan, pulang, serta absensi dalam kegiatan tambahan seperti rapat dan pelatihan.
Sistem ini memberikan beberapa keuntungan bagi sekolah dan tenaga pendidik. Pertama, sistem absensi AppSheet mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan pencatatan manual dan kehilangan data absensi. Setiap kehadiran dicatat secara otomatis dan terdokumentasi dengan rapi dalam basis data yang dapat diakses oleh pihak terkait. Ini memberikan kejelasan dan transparansi dalam hal kehadiran tenaga pendidik.
Kedua, penggunaan aplikasi ini juga menghemat waktu dan upaya administrasi. Proses pencatatan yang dulunya memerlukan pengisian manual dan pengumpulan lembar absensi fisik sekarang dapat dilakukan secara instan melalui aplikasi. Tenaga pendidik tidak perlu lagi menghabiskan waktu berharga untuk mengisi absensi secara manual dan dapat fokus pada tugas-tugas pengajaran dan pembelajaran.

Selain itu, sistem absensi ini juga memungkinkan tim administrasi sekolah untuk mengakses data kehadiran tenaga pendidik secara real-time. Hal ini memudahkan pemantauan dan pengelolaan absensi secara efektif. Jika terjadi ketidakhadiran yang tidak terprogram, pihak sekolah dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan. 
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk, Bapak Zauhari, S.Pd.M.Pd., dengan rasa bangga dan penuh semangat mengimplementasikan sistem absensi AppSheet dan di lounching 10 juli 2023. Beliau menyatakan, "Penerapan absensi AppSheet merupakan langkah penting dalam mengoptimalkan proses administrasi sekolah. Kami berharap dengan adopsi teknologi ini, kami dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi pencatatan kehadiran tenaga pendidik, sehingga mendukung kelancaran operasional sekolah."

Mengutip pembicaraan dari Trans Hadi Sasmito selaku pemerhati dunia pendidikan dari Elang Maut Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sistem absensi AppSheet merupakan satu gebrakan nyata yang dilakukan SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk dalam berupaya terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah. 

Diharapkan dengan penerapan teknologi ini, administrasi sekolah menjadi lebih efisien, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan tenaga pendidik. 

Ada baiknya Dinas Pendidikan kabupaten Komering Ilir ikut serta menjadikan inovasi ini di pakai di sekolah yang sudah mampu secara dukungan teknologi," harap Tran Hadi Sasmito..(SAS)

Posting Komentar untuk "Terobosan Inovatif Kepala SMPN 1 Tanjung Lubuk Terapkan Absensi AppSheet untuk Tenaga Pendidiknya"