Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bimtek "Mandiri Berbagi" Para Guru Kecamatan Cengal Kabupaten OKI Siap Terapkan Kurikulum Merdeka

Kabupaten Ogan Komering Ilir. Transaktual.Com -Acara Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka dengan tema "Mandiri Berbagi" penuh gelora keingin Tahuan di Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir. Sebanyak 140an guru dari SDN dan SMPN se-Kecamatan Cengal turut berpartisipasi dalam acara yang berlangsung selama tiga hari, sejak tanggal 26 hingga 28 Juli 2023.
Acara dibuka dengan penuh semangat oleh Kabid SD Dinas Pendidikan OKI, Bapak Haji Tarmudik, S.Pd. Dalam sambutannya, beliau menguraikan garis besar kebijakan Kurikulum Merdeka, yang mencakup penerapan beberapa inovasi pendidikan. Di antaranya adalah Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Transformasi Digital untuk mendukung pembelajaran berbasis teknologi, Komunitas Belajar sebagai bentuk kolaborasi antar-guru dan peserta didik, Optimalisasi Platform Merdeka Mengajar (PMM), Kurikulum Operasional Sekolah Penggerak (KOSP) untuk peningkatan kualitas pendidikan, Asesmen Awal Pembelajaran, Modul Ajar, Modul Projek, Rapor Kurikulum Merdeka (Kurmer), dan Simulasi PMM.

Bapak Tarmudik menegaskan pentingnya terus meningkatkan kompetensi sebagai pendidik, dan ia menekankan kesabaran dalam menuntut ilmu. Pesan beliau untuk seluruh peserta adalah agar menjadi guru yang sebenarnya, yang memiliki semangat untuk membantu sesama manusia, sebagaimana perintah Rasulullah yang mengatakan, "Khoirunnas anfa'uhum linnas" (Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya).
Inisiatif dari kegiatan bimtek di SDN 1 Cengal, yang di pimpin ibu Susilawani, S.Pd., M.Si., M.Pd. ini datang dari Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Ibu Iin Sumarni, S.Pd.. Beliau menjadi pemrakarsa acara yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang Kurikulum Merdeka serta bagaimana mengaplikasikannya secara efektif di sekolah. 
Narasumber utama dalam acara ini adalah Ibu Siti Muhajiriyati, S.Pd., M.Pd. Sebelum menyampaikan materi, Ibu Siti memotivasi peserta dengan kata-kata inspiratif, "Belajar itu adalah taqwa, menyampaikan ilmu adalah ibadah, serta mengulang-ngulang ilmu adalah dzikir, dan berjuang di jalan ilmu adalah jihad." Peserta pun termotivasi untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya agar dapat memberikan kontribusi yang lebih berarti dalam dunia pendidikan.
Acara ini juga dihadiri oleh dua orang pengawas pembina, yaitu Bapak Tasmin dan Bapak Pahrudin, yang memberikan dukungan dan pengawasan untuk kelancaran acara. Mereka berharap setelah acara ini, guru-guru di Kecamatan Cengal akan menerapkan Kurikulum Merdeka dengan baik dan berdampak positif pada kemajuan pendidikan di daerah ini.

Dengan penuh percaya diri para peserta bimtek siap melangkah ke depan dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam upaya mencetak generasi penerus yang unggul, mandiri, dan berbagi ilmu dengan semangat kebersamaan. Semoga acara ini menjadi langkah awal yang baik dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Ogan Komering Ilir. (SAS)

Posting Komentar untuk "Bimtek "Mandiri Berbagi" Para Guru Kecamatan Cengal Kabupaten OKI Siap Terapkan Kurikulum Merdeka"