Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berupaya Tingkatkan Kualitas ImTaq SMPN 1 Tanjung Lubuk Zauhari S.Pd. M.Pd Rutinkan Kegiatan Membaca Surat Yasin

Ogan Komering Ilir, TransFaktual.Com Sebagai bagian dari program sekolah penggerak, SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk melaksanakan kegiatan membaca Surat Yasin dan Asmaul Husna setiap Jumat pagi, di laksanakan di halaman sekolah sebelum pelajaran dimulai. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas keagamaan serta mendekatkan siswa kepada Allah Sang Pencipta.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman sekolah ini melibatkan seluruh siswa dan tenaga pendidik. Dimulai pukul 07.30 setiap Jumat pagi, seluruh siswa berkumpul di halaman sekolah dengan mengenakan seragam lengkap. Mereka membentuk barisan dan duduk bersila, sedangkan para guru dan staf sekolah berada di depan untuk memimpin kegiatan.

Membaca Surat Yasin dan Asmaul Husna menjadi bagian utama dari kegiatan ini. Surat Yasin dipilih karena memiliki keutamaan khusus dan sering dibaca dalam rangka mendoakan kedua orang tua siswa dan leluhur mereka juga mendoakan guru mereka guna diberikan tambahan kekuatan dan petunjuk dalam mendidik di SMPN 1 Tanjung Lubuk. Sedangkan Asmaul Husna, yang merupakan 99 nama Allah SWT, dipilih untuk memperkuat pemahaman siswa tentang sifat-sifat-Nya yang mulia.

Sebelum memulai membaca, seorang guru atau staf sekolah memberikan pengantar singkat tentang pentingnya membaca Surat Yasin dan memahami makna Asmaul Husna dan di selingi nasehat yang relevan dengan kehidupan sehari hari siswa. Setelah itu, mereka membacakan Surat Yasin secara bersama-sama dengan khidmat. Kemudian, dilanjutkan dengan membaca dan menghafal Asmaul Husna secara bersama oleh para siswa.Kegiatan ini berlangsung selama 30 menit, dan diakhiri dengan doa bersama. Hal ini bertujuan untuk mengaitkan pengalaman keagamaan dengan realitas kehidupan mereka.
Kepala SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk bapak Zauhari S.Pd. M.Pd., menyampaikan pentingnya kegiatan ini dalam meningkatkan kualitas keagamaan siswa. Beliau berharap melalui kegiatan ini, siswa dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghafal dan memahami Asmaul Husna, serta mengambil hikmah dari Surat Yasin.” pesannya
Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk memperkuat tali silaturahmi antara siswa dan guru, serta memupuk nilai-nilai kebersamaan. SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan yang bermanfaat bagi perkembangan holistik siswa.

Dengan adanya kegiatan membaca Surat Yasin dan Asmaul Husna setiap Jumat pagi, diharapkan nilai-nilai keagamaan dan spiritualitas dapat menjadi bagian integral dari pendidikan di SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk, dan agar siswa tidak bosan di hari jumat terkadang diselingi apel kegiatan pramuka. (SAS)

Posting Komentar untuk "Berupaya Tingkatkan Kualitas ImTaq SMPN 1 Tanjung Lubuk Zauhari S.Pd. M.Pd Rutinkan Kegiatan Membaca Surat Yasin"